Thursday, July 15, 2010

Tips biar ga moody


Apa sih mood itu?
Mood adalah keadaan emosi yang berlangsung secara relatif, yang sebab-sebabnya seringkali subyektif atau tidak jelas. Philip G. Zimbardo dalam bukunya menyebutkan bahwa mood adalah keadaan emosi tertentu yang tidak masuk dalam kategori state (emosi yang dipicu oleh faktor eksternal tertentu) atau trait (bentuk emosi yang menjadi bawaan seseorang).
Perubahan mood kerap mempengaruhi gairah seseorang untuk melakukan sesuatu atau bahkan bisa mempengaruhi keputusan dan tindakannya. Mood yang membahayakan bila sudah menyangkut orang lain. Misalnya, kita membatalkan janji dengan mitra gara-gara mood. Kita akan menjadi orang yang omongannya tidak bisa dipegang.

Mood Disorder, apa itu?
yaitu, sisi ekstrim yang sudah tidak sehat dari perubahan mood tertentu, misalnya terlalu girang atau terlalu malang.
Penyebab mood disorder ini yaitu gaya hidup depresif. Depresi adalah stress yang berlanjut atau gagal kita tangani secara positif. Gaya hidup depresi tidak diketahui apa pemicunya sehingga terus menggunung dan perlahan-lahan membuat kita merasa dikelilingi oleh berbagai beban, tekanan, dan ancaman. Gejala kita telah terjangkit gaya hidup depresif ini antara lain:
  • Menurunnya energi untuk melakukan kegiatan
  • Sulit berkonsentrasi/berpikir
  • Ingin tidur terus ato bahkan sulit tidur, ingin makan terus atau juga sebaliknya
  • Tidak memperhatikan penampilan
  • Sulit mengambil keputusan
  • Mengalami kelambanan psikomotorik, seperti ngomong sepenggal-penggal, lamban meresponi sesuatu, atau males ngomong
  • Berpikir secara tidak sehat mengenai kematian
Gaya hidup depresif ini jika dibiarkan dapat menyebabkan moody. Selain gaya hidup depresif, moody juga dapat disebabkan karena sikap menuntut yang berlebihan dan kondisi fisik yang kurang fit atau kondisi lingkungan yang membosankan. 
Sikap menuntut ini jangan kita sadari. 
Sikap kita menuntut sesuatu dan hasilnya tidak sesuai dengan yang kita harapkan, seringkali membuat munculnya perasaan-perasaan negatif dan tanpa sadar kita pendam semua perasaan negatif tersebut. Perasaan negatif ini yang kemudian menjelma jadi suasana hati yang buruk, badmood, murung, dll.
Gimana cara kita untuk mengatasi moody ini?
1. Menganalisa perasaan
    Cari tahu pikiran atau peristiwa pemicunya.

2. Ubah gerak dan sikap tubuh
cobalah mengubah gerakan tubuh menyerupai gerak tubuh seseorang yang gembira, bahagia, dan bersemangat. seperti:
1. Selalu tersenyum ketika tidak bisa, Cobalah Tersenyum.
2. Tegakan badan dan kepala, jangan loyo !!
3. Coba Berjalanlah lebih cepat.
4. Lakukan gerakan-gerakan tubuh sederhana.

3. Ubah fokus 
    
Remember, Your Map Is Not Your Teritorry = Dirimu bukanlah tubuhmu dan apa yang kamu pikirkan, Perluaslah !
4. Ubah arti dan persepsi


5. Ubah lingkungan


6. Ubah input
    Sebagai contoh saat kalian putus cinta, patah hati. Rata-rata orang patah hati/putus cinta akan mendengarkan lagu-lagu sendu yang menurut kalian sesuai dengan suasana hati kalian saat itu. Sebenarnya hal tersebut malah akan memperburuk kondisi kalian. Yang harus kalian lakukan seharusnya mendengarkan lagu-lagu bersemangat untuk menghilangkan perasaan tak menentu tersebut.


Hidup ini hanya sekali
Manfaatkan setiap waktu yang ada dengan semaksimal mungkin. Nikmati setiap proses yang kita lalui dengan positif. Selalu bersyukur kepada Allah SWT atas segala nikmat yang selalu Ia berikan untuk kita.


sumber: dari sini, ini, dan ini juga

0 komentar:

Post a Comment